Wednesday, August 10, 2016

Tawa Lepas Dikesibukan Belajar

Tawa Lepas Dikesibukan Belajar
Oleh: Achmad Fathany
Pagi yang indah diiringi kicauan burung suasana riang oleh gelak tawa anak-anak di desa ini, tepatnya di Dusun Barat Sumber Desa Longkek Kecamatan Galis Bangkalan. Pagi ini saya bersama teman-teman KKN 65 melakukan salah satu kegiatan dari beberapa kegiatan yang tersusun, yaitu mengajar di sekolah tepatnya di Yayasan MID Syaichona Hasani. Sampai disana kami beserta teman-teman KKN 65, disambut dengan pertemuan siswa-siswi yang sangat antusias menyambut kedatangan saya dan teman-teman KKN 65 di kelas. Sebelum pelajaran di mulai kami memperkenalkan diri kepada siswa-siswi, dan sebaliknya kami meminta mereka untuk memperkenalkan diri satu persatu. Setelah perkenalan, saya memberikan materi kepada mereka sesuai dengan kurikulum yang sudah ditetapkan di yayasan tersebut. Dengan suasana yang ramai dan siswa-siswinya yang tidak beraturan terpaksa saya harus mengeluarkan banyak tenaga menghadapi siswa-siswi tersebut, dan juga saya harus bisa mengkondisikan kelas dengan tenang, maklumlah ini pertama kalinya bagi saya terjun langsung mengajar. Lama-kelamaan kondisi kelas semakin membaik.

Seiring berjalannya waktu, selain memberikan materi kepada siswa-siswi saya juga memberikan
permainan, supaya meraka tidak bosan dan jenuh saat berada di dalam kelas. Karena bermain sangatlah penting untuk merefresh otak anak-anak, disitulah tawa lepas mereka keluar dan suasana kelas pun terasa menyenangkan.
Setiap prasangka akan menimbulkan efek yang kurang sehat bagi tubuh. Tidak ada kebaikan sedikitpun pada setiap prasangka yang terus dipelihara tanpa ada pencegahan yang intensif. Seperti itulah gambaran suasana pagi ini, banyak prasangka yang berkeliaran. Tetapi, ketika matahari keluar dari peraduannya, maka prasangka tersebut berguguran satu demi satu.

Canda tawa, kenakalan mereka, semangat belajar mereka menjadi sebuah pengalaman baru dalam hidup, yang sebelumnya belum saya dapatkan. Malu rasanya melihat semangat belajar mereka yang luar biasa ketika mencari Ilmu. Sedangkan rasa malas kadang melanda diri ini ketika hendak mencari ilmu.

0 comments:

Post a Comment