Tuesday, August 9, 2016

Sosial Budaya Desa Longkek

Sosial Budaya Desa Longkek

Jika seseorang di tanyai tentang Madura, pasti hal pertama yang muncul adalah kebudayaan agamisnya yang sangat kental. Dimana mayoritas penduduk Madura adalah pemeluk agama islam. Hari-hari besar islam disini sangat dimeriahkan dan sangat bagus. Begitu pula dengan desa Longek kecamatan Galis  yang mayoritas dengan penduduk muslimnya. Masyarakat Longkek dengan budaya islamnya yang kental dicirikan dengan seorang perempuan memakai kerudung dalam aktifitas sehari-harinya, begitu pula dengan laki-laki yang memakai sarung dan juga kopyah dikepalanya.
            Selain itu, banyak sekali berdiri Madrasah dan juga tempat ngaji untuk anak-anak kecil mengemban ilmu tentang agama islam. Dilain pihak anak mudanya juga banyak yang mondok baik di Galis maupun diluar Galis, tidak jarang pula yang mondok di luar pulau Madura. Seperti Surabaya, Jombang, Gresik dan dikota-kota lainnya.
Interaksi antar masyarakat dapat dikatakan bagus. Apabila dilihat dari interaksi masyarakatnya yang cenderung aktif, maka tidak heran apabila di desa Longkek sering bergotong royong dan para warga saling membantu. Biasanya gotong royong diadakan jika ada pembangunan rumah, jalan, ataupun kegiatan desa lainnya.
Di desa Longkek terdapat beberapa kebudayaan atau adat istiadat yaitu:
  1. Tradisi Maulid Nabi Muhammad SAW
Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan tradisi yang sudah kental di desa Longkek. Pada tanggal 12 Rabi’ul Awal masyarakat desa Longkek memperingati hari lahir Nabi besar Muhammad SAW, sebagai hari besar. Tradisi ini diadakan sebagai rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan Karunia-Nya.
  1. Khotmil Qur’an
Tradisi ini dilaksanakan dengan cara membaca dan menelaah kitab Al-Qur’an, yang biasanya dilaksanakan dalam pengajian di masjid dan juga sebagian di rumah warga.
  1. Kasidah
Kasidah merupakan seni suara yang bernafaskan islam. Kesenian ini dilaksanakan apabila diadakannya acara seperti pengajian, pernikahan, khataman qur’an.   

0 comments:

Post a Comment