Tuesday, August 9, 2016

Produk Unggulan Desa

Produk Desa

Di desa longkek terdapat beberapa home industri. Produk yang dihasilkan pada home industri ini yaitu kerupuk puli. Usaha ini sangat bagus untuk memajukan ekonomi masyarakat Desa Longkek, namun terdapat banyak kekurangan dalam hal pemasaran pada usaha tersebut. Pada home industri tersebut tidak setiap hari memproduksi karena biasanya kerupuk hanya dijual setiap 3 hari sekali atau setiap pda hari di Galis. Kerupuk puli hasil buatan home industri ini dijual dengan harga Rp 10.000/Kg.



           Gambar 15: Krupuk Puli

Pembuatan kerupuk puli ini tergolong mudah karena bahan yang digunakan mudah didapat, diantaranya yaitu tepung terigu, tepung tapioka. Sedangkan bumbu yang digunakan yaitu meliputi bawang putih, garam, penyedap rasa dan air. Cara pembuatannya pun mudah, dimulai dari menghaluskan bumbu yang sudah disebutkan diatas tadi lalu mencampurkannya dengan tepung lalu menambahkan dengan air, setelah tercampur rata, lalu adonan dikukus hingga matang, setelah adonan matang diamkan sampai adonan mengeras atau dingin, lalu adonan yang sudah gin dipotong atau diiris tipis-tipis menggunakan pisau. Setelah itu irisan kerupuk dijemur sampai kering.

            Tidak ada kesulitan dalam pembuatan kerupuk puli tersebut hanya saja kendalanya terdapat pada proses penjemuran, karena tidak setiap hari terdapat sinar matahari. Terkadang cuaca di Desa Longkek ini juga sering mendung sehingga membuat proses pengeringan kerupuk puli tersebut menjadi terhambat. Hal tersebut juga yang membuat produksi tidak begitu maksimal sehingga untuk pemasarannya juga sangat kurang maksimal.

0 comments:

Post a Comment