Tuesday, August 9, 2016

Potensi Desa

Potensi Desa Longkek

1.    Potensi Sumber Daya Alam
Faktor-faktor fisik yang diperlukan dalam perencanaan suatu kawasan adalah topografi, geologi, hidrologi dan kendala-kendala fisik. Topografi merupakan faktor penting dalam penentuan desain tata ruang lahan Desa karena dapat digunakan untuk menentukan arah saluran angan air dan dapat dijadikan dasar penentuan lahan yang layak untuk dikembangkan sebagai area pemukiman atau area pertanian.
Fasilitas transportasi di Desa Longkek cukup lengkap, namun dalam penyebarannya belum merata sehingga belum dapat mendukung sistem transportasi di antara semua Dusun. Dimana Dusun Mocangan masih cukup tertinggal dalam pengembangan sarana dan prasarana jalan.
Konstruksi jalan yang ada pada saat ini terdiri dari jalan aspal, jalan makadam dan jalan tanah dengan kondisi yang cukup memprihatinkan seperti permukaan jalan yang tidak rata, jalan yang berlubang dan jalan yang yang tergenang air. Hal tersebut karena di Dusun Timur Sumber dan Mocangan sebagian besar jalan tersebut belum diperbaiki.
Demikian juga sarana transportasi cukup lengkap karena desa dilewati jalan penghubung Kabupaten sehingga kendaraan besar seperti bus, bison, truk dan lain-lain dapat melewati Desa Longkek. Adapun beberapa sarana pada Desa Longkek dapat dilihat pada gambar berikut :



Gambar 1: Jalan menuju Dusun Barat Sumber


   

 Gambar 2: Jalan Penghubung antar kabupaten


 Gambar 13: Sungai

 


Gambar 14: Jalan menuju Dusun Timur Sumber

2.    Potensi Sosial Ekonomi Desa
Kegiatan perekonomian suatu desa pada dasarnya bergantung dari aktivitas penduduk yang berkaitan dengan mata pencahariannya di wilayah tersebut. Kegiatan penduduk Desa Longkek umumnya adalah pertanian, perdagangan dan jasa, serta kegiatan industri kecil, yang terdiri dari beberapa sektor  antara lain:

1). Kegiatan pertanian tanaman pangan (padi, jagung, kacang tanah, Ketela pohon dan cabe).
2). Kegiatan peternakan (sapi, ayam dan kambing).
3). Kegiatan perdagangan dan jasa.
4). Kegiatan industri rumah tangga.
     a. Potensi Geografis
Desa Longkek secara structural merupakan bagian integral dari sistem perwilayahan kecamatan Galis. Posisi Desa Longkek secara makro berada pada jalur jalan kolektor primer, yaitu jaringan jalan yang menghubungkan antara kabupaten Bangkalan dengan Kabupaten Sampang, Pamekasan dan Sumenep. Kondisi ini memberikan indikasi bahwa dalam Desa Longkek mempunyai fungsi dan peranan yang strategis.
B. Potensi Sumber daya manusia

Potensi sumberdaya manusia yang dapat dikembangkan adalah pemanfaatan tenaga kerja terampil di sektor pertanian atau cukup potensial apabila kapasitas mereka lebih ditingkatkan dan dibina untuk menjadi wirausaha di Desanya. 

0 comments:

Post a Comment