Tuesday, August 9, 2016

Kondisi Umum Desa Longkek

Kondisi Umum Desa Longkek

Desa Longkek merupakan salah satu desa di kecamatan Galis yang memiliki luas wilayah 5,13 km2. Dalam pemerintahannya, desa Longkek dibagi menjadi tiga dusun diantaranya dusun Timur Sumber, dusun Barat Sumber, dan dusun Mucangan. Nama-nama dusun Barat Sumber dan Timur Sumber diambil dari salah satu sumber mata air di desa Longkek yang terletak di belakang kantor Polisi Galis. Sumber tersebut biasanya digunakan masyarakat untuk kehidupan sehari-hari seperti minum, mandi, mencuci, dan lain sebagainya.
            Dari data BPS dijelaskan bahwa desa Longkek memiliki jumlah penduduk sebanyak 8.632 dengan jumlah rumah tangga 2.197. Berdasarkan jenis kelaminnya penduduk laki-laki sebanyak 4.270  dan untuk jumlah penduduk perempuan sebanyak 4.362. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa di desa Longkek, penduduk perempuan mendominasi dari pada penduduk laki-laki. Dari keseluruhan penduduk desa Longkek mayoritas agama yang dipeluk adalah agama Islam. Dimana 8.630 penduduk Longkek memeluk agama islam sedangkan sisanya dua memeluk agama katholik. Hidup menjadi seorang muslim juga diperlihatkan oleh masyarakat desa Longkek dengan mushola yang berdiri di rumah masing-masing warga. Sehingga, apabila berkunjung di desa Longkek pasti akan mudah mendapatkan mushola karena mayoritas setiap rumah mempunyai mushola. Selain mushola juga bisa dilihat dari masjid-masjidnya yang berdiri  megah dilingkungan masyarakat.


Gambar  1: Masjid Galis

Dari segi mata pencaharian mayoritas penduduk desa Longkek bekerja disektor pertanian. Berikut data yang menjelaskan tentang mata pencaharian didesa Longkek
No
Jenis Mata Pencaharian/Pekerjaan
Jumlah
1
Pertanian
1.938
2
Industri
15
3
Kontruksi
30
4
Perdagangan
150
5
Angkutan
19
6
Jasa
45
Sumber : Bangkalankab.bps.go.id (diolah)


 


Gambar 2 : Pembajakan Sawah di Longkek

Biasanya masyarakat menjual hasil pertaniannya langsung ke pasar, mulai dari kacang, jagung, krupuk, dan lain sebagainya. Selain itu, mayoritas masyarakat Longkek memiliki keahlian dalam hal membuat krupuk. Biasanya krupuk hasil pembuatan mereka juga  dipasarkan langsung kepasar Galis.





Gambar 3 : Hasil Panen Kacang
  


                                                                                                           
 Gambar 4 : Transaksi Jagung di Pasar

           




  
Gambar 5: Kerupuk




   
Gambar 6: Pasar Galis


0 comments:

Post a Comment