Wednesday, August 10, 2016

Kondisi Masyarakat Desa Longkek

Kondisi Masyarakat Desa Longkek

Desa Longkek yang terdiri dari tiga dusun ini memiliki sifat dan karakter masing-masing setiap dusunnya. Jika ditelusuri sampai ke dalam desa Longkek cukup luas, dengan jarak rumah satu ke yang lain tidak begitu dekat. Informasi salah satu dari bapak kepala dusun warga Longkek bersifat individual itu disebabkan jarak rumah yang tidak begitu dekat. Tapi, orangnya ramah-ramah.
            Keseharian mereka rata-rata mata pencahariannya selain merantau, mereka juga berdagang dan ke bercocok tanam, dua bidang itulah yang menjadi unggulan masyarakat Lonkek untuk menjalankan putaran ekonomi sehari-hari. Kebanyakan para orang tua menghabiskan waktunya untuk  berdagang dan bercocok tanam, sedangkan pemudanya pergi merantau karena merasa berdagang dan bercook tanam belum waktunya untuk dilakukan, jadi mereka mengumpulkan uang untuk bekal di desanya nanti setelah pulang dari merantau.

            Tanah di desa Lonkek produktif jika musim hujan, pada saat kemarau petani menanam biji-bijiaan seperti jagung, dan kacang tanah. Dari hasil tani itulah mereka menjualnya ke pasar. Pasar salah satu tempat roda perekonomian desa Longkek, dimana ada dua hari khusus pasar yaitu hari selasa dan sabtu itu ramai dipadati masyarakat Longkek untuk menjajahkan hasil sawah, kebun, dan industri rumahan seperti usaha krupuk.

0 comments:

Post a Comment